Rabu, 13 Agustus 2014


PERKEMBANGAN DAN KEUNGGULAN JURUSAN ILMU KOMUNIKASI INDONESIA


Manusia merupakan manusi monodualisme. Pernyataan nini mengeandung makna bahwa manusia selain sebagai makhluk individu juga merupakan makhluk sosial. Sebagai makhluk individu, dirinya memeliki kpentingan pribadi, sedangkan sebagai makhluk sosial ia merupakan bagian dari suatu lingkuangan pergaulan sosial.
Dalam konteks manusia sebagai makhluk msosial, manusia tidak dapat hidup tanpa manusia lain. Oleh karena itudalam menjalin hubungan dengan manusia lain, manusia memerlukan komunikasi.
Seorang muslim begitu bangun tidur mendengar adzan subuh dan melakukan shalat subuh, juga melakukan komunikasi, yaitu komunikasi antara dirinya dengan sang pencipta. Komunikasi disebut komunikasi transdental. Komunikasi ini bersifat personal. Ketika shalat terkadang seorang muslim meneteskan air mata, sambil memohon diperi petunjuk oleh Sang Pencipta. Shalat merupakan media komunikasi transdental, sehingga dirinya teringankan dari segala bebannya.
Manusia sejak lahir sudah berkomunikasi, contohnya seorang bayi dengan cara menaggis mengkomunikasikan keinginannya. Sebagai seorang ibu, yang memiliki naluri , ia pasti sudah mengerti maksud tangisan bayinya yang belum bicara, misalnya dengan segera memmberikan asi.
Dari apa yang dilakukan terbukti bahwa komunikasi yang dilakukan manusia , sebenarnya merupakan hal pokok dalam kehidupan manusia.
ilmu komunikasi tidak hanya berperan sebagai bedia menyampaikan informasi, namun ilmu komunikasijuga memiliki perandan fungsisesuai statusnya sebagai ilmu yang berkembang di tengah masyarakat.
peran penting ilmu komunikasi diantaranya adalah sebagai media edukasi, sebagai media publiser, sebagai media pemberi informasi, sebagai media penghibur bagi masyarakat.
peluang lulusan ilmu komunikasi sangat luas pada saat ini, diantaranya dapat berkarir di BPJS, dunia jurnalistik, dunia pertelevisian, periklanan, analisis media, dunia relationship, dunia negosiasi, dll.
seiring dengan perkembangan zaman, ilmu komunikasi telah didukung dengan sejumlah mediaelektronikyg sangat mudah di akses yaitu, handphone, smartphone, email, skype, facebook, path, dan banyak lagi sosmed lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar